Kegiatan Karya Kasih (Karya)

Pada saat ini di Karya Kasih berbagai kegiatan dilaksanakan agar hidup benar-bernar dibela dan dipromosikan secara berkualitas, menuju integritaas hidup dan terjabarnya martabat manusia secara layak dan terhormat dan manusia diberdayakan seutuhnya.

Pada saat ini kegiatan-kegiatan Karya Kasih terdiri dari: pemeliharaan residen senior atau orang-orang lanjut usia agar menghidupi tahun-tahun terakhir hidupnya secara sangat berarti dan bermartabat, memelihara bayi dan anak sampai dengan umur satu tahun, menyelenggarakan oasis sebagai perlindungan dan pembelaan terhadap perempuan mengalami perlakuan tidak adil dan tidak manusiawi karena alasan apapun dan pusat kesehatan masyarakat bagi kaum ekonomi lemah khususnya di sekitar kawasan Karya Kasih. Dalam kegiatan inilah karya kasih menunjukkan pelayanannya(diakonia) khususnya bagi mereka yang lemah.

 

Graha Residen Senior

Residen atau warga senior adalah ungkapan baru untuk istilah yang biasa disebut kaum jompo atau manusia usia lanjut. Disebut residensi atau graha karena konsep yang hendak dkembangkan adalah suasana rumah kediaman dalam arti sebenarnya dan bukan sekedar panti tempat yang umumnya dihindari karena berbagai konotasi.

Dengan konsep seperti ini hendak diusahakan agar para residen senior itu tetap menilai dan merasakan hidupnya berharga dan bermutu dan karena itu yakin akan martabatnya sebagai manusia dan warga masyarakat yang tidak kekurangan apapun. Residen senior mestilah diupayakan dan dimudahkan agar mampu mengisi dan membuat bermakna tahun-tahun terakhir hidupnya dengan baik, bahagia dan bermartabat.

 

Rumah dan keluarga sementara bagi bayi dan anak-anak di bawah satu tahun

Sejak tahun 1970, unit dan kegiatan ini berkembang dan kini menjadi satu unit tersendiri yang disebut nursery suatu kemungkinan dan suasana menjadi rumah dan keluarga sementara bagi bayi dan anak-anak umur di bawah umur satu tahun karena sang Ibu meninggal dunia sekitar saat atau peristiwa kelahiran.

Selain bayi yang membutuhkan rumah dan keluarga sementara karena ditinggalkan ibu yang meninggal dunia  sekitar masa partus, adalah juga kenyataan bahwa beberapa bayi yang dilahirkan di luar nikah dititipkan oleh keluarga sampai keluarga siap menerima dan memeliharanya secara baik dan bertanggungjawab.

Dalam kedua kasus ini, Karya Kasih mengupayakan dan menjamin bahwa minimal sampai anak tersebut berumur satu tahun dipelihara dan dirawat sehingga perkembangan fisik dan psikis dapat dijamin. Sesudah satu tahun anak-anak tersebut harus dijemput oleh keluarganya.

Dengan missi ini Karya Kasih yakin menjalankan missinya untuk memelihara hidup yang bermutu, penuh integritas dan bermartabat.

 

Oasis Bethesda

Jaman modern ini selain memungkinkan hidup dan kondisi ekonomi yang lebih sehat dan baik juga mendatangkan persoalan tersendiri.

Adalah fakta bahwa cukup banyak gadis membutuhkan minimal untuk sementara waktu berlindung dan membutuhkan rasa aman karena persoalan pelik mereka. Persoalan mereka bisa saja terjadi karena cekcok yang tak terselesaikan di dalam keluarga sehingga terpaksa “melarikan diri” dan mencari tempat berlindung yang aman dan terjamin di mana mereka diakui sebagai manusia yang bermartabat dan perlu dilindungi. Persoalan sejenis juga dialami oleh para perempuan berkenaan dengan relasinya dan sangat membutuhkan tempat berlindung dan aman di mana mereka bisa merenungkan hidupnya dan mempersiapkan diri dengan berbagai pelatihan dan bimbingan untuk dapat kembali ke masyarakat dengan baik.

Untuk itu Karya Kasih sejak lama sudah mendirikan Oasis Bethesda di mana para perempuan khususnya yang masih amat muda dapat mencari orientasi baru dalam hidupnya dan merancang hidupnya lebih baik ke masa depan di bawah bimbingan staff yang mempunyai kompetensi dan keahlian untuk itu.

 

Rumah Bersalin

Karya Kasih juga menyelenggarakan rumah bersalin bagi ibu dan calon ibu kelompok masyarakat ekonomi lemah yang umumnya berasal dari daerah pinggir sungai atau pinggiran kota Medan. Kendati rumah bersalin ini dimaksudkan dan diperuntukkan khusus untuk keluarga ekonomi lemah, namun fasilitas di tempat ini dibuat sedemikian baik dan bersih sehingga para ibu atau calon ibu yang hendak melahirkan bayi-bayinya dapat menyambut kelahiran bayi mereka dengan aman, nyaman dan sehat.

Rumah Bersalin ini dapat menampung enam orang ibu atau calon ibu yang hendak melahirkan bayinya. Rumah Bersalin ini diawasi oleh dokter spesialis kebidanan.

 

Pusat Kesehatan

Di Karya Kasih suatu pusat kesehatan yang terdiri dari Klinik Umum, Klinik Gigi, dan Laboratorium juga diadakan dan dioperasikan demi kepentingan utama anggota masyarakat ekonomi lemah dan miskin.

KlinikUmum, KlinikGigi dan laboratorium dibuka setiap hari kerja. Setiap hari kerja dokter umum dan dokter gigi dibantu oleh perawat memberikan perhatian dan pengobatan bagi masyarakat.

Para dokter tidak menerima gaji, cuma sekedar pengganti biaya BBM yang mereka gunakan untuk datang ke dan pulang dari Karya Kasih.

 

Daycare

Sejak tahun 2009 Karya Kasih membuka pelayanan yang baru untuk bayi dan anak-anak sampai berumur empat tahun. Playanan ini terutama mau membantu para orangtua yang bekerja sepanjang hari di luar rumah dan karena itu tidak bisa memperhatikan kebutuhan anaknya dengan maksimal. Bayi atau anaknya diantar pkl. 07.00 dan dijemput sore hari pk. 17.30 wib.

Selama mereka berada diasuh di Karya kasih, kesehatan terjamin dan pertumbuhan fisik dan psikologisnya pun bertumbuh secara normal dan baik.

 

Klinik Fisioterapi

Pada bulan Nopember 2011 Klinik fisio terapi sudah menempati gedung yang baru

Klinik ini pertama-tama didirikan untuk kepentingan kaum residen senior yang tinggal di Karya Kasih. Pengalaman di Karya Kasih menunjukkan bahwa kebanyakan penduduk senior di Karya Kasih adalah bekas penderita stroke dan fisioterapi dan latihan fisik lainnya setiap hari merupakan terapi dan solusi yang amat baik.

Klinik Fisioterapi ini semakin dilengkapi dengan alat-alat kesehatan yg canggih dan dapat mendatangkan kesembuhan dan kesehatan khusus bagi penderita stroke.

Klinik ini terbuka untuk  kalangan umum karena de facto banyak orang pada saat ini sangat membutuhkan terapi untuk melatih dan  menguatkan otot dan mengurangi penderitaan para penderita akibat stroke.

 

Manajemen

Kepengurusan Perkumpulan Karya Kasih sudah berakhir pada tahun 2012, . Dalam waktu dekat Bapak Uskup akan mengusulkan nama-nama pengurus Perkumpulan untuk ditetapkan oleh pengurus dalam rapat perkumpulan. Tetapi sebagai successor pendiri yang menggantikan Pastor van Dam dan Pastor  Jo veldkam adalah Pastor Paulinus Simbolon OFM.Cap.

Susunan Manajemen pada saat ini adalah sbb:

Direktris : Suster Ignasia Simbolon KSSY
Wadir I : Suster Mariana Sitanggang KSSY
Wadir II  : Rosna Tumanggor
Kabag Graha Residen Senior : Suster Mariana Sitanggang KSSY
Kabag RB dan Nursery : Suster Clara Nadeak KSSY
Kabag Oasis Bethsaida : Suster Ignasia Simbolon KSSY
Kabag Umum : Suster Clara Nadek KSSY
Kepala Klinik Umum dan Gigi  : Dr. Felix Tandiono
Kepala Laboratorium : Dr. Felix Tandiono